Satlantas Polres Lembata Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas di SMPN 1 Nubatukan

 

Lewoleba, Humas Spensa - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lembata melaksanakan kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas  bagi kalangan pelajar.

Kegiatan sosialisasi ini diberikan kepada pelajar SMP Negeri 1 Nubatukan, Senin (12/08/24) pada saat apel bendera .

Kegiatan sosialisasi ini didasari pada kenyataan yang sering mereka temui di lapangan bahwa banyak siswa yang berangkat ke sekolah dengan mengendarai motor.

Kasat Lantas Polres Lembata AKP Abdul Malik, S.H., yang bertindak  sebagai Pembina Apel menekankan bagaimana pentingnya memahami tertib lalu lintas dan bahaya yang ditimbulkan akibat pelanggaran yang dibuat. Selain itu, Beliau juga mengingatkan kepada para siswa untuk tidak mengendarai sepeda motor ke sekolah karena belum memiliki SIM sebagai syarat mutlak bagi pengendara. Ia meminta mereka untuk tidak mengendarai sepeda listrik di jalan raya karena belum ada jalur khusus yang disediakan bagi pengendara sepeda listrik seperti di kota-kota besar.

Kasatlantas Polres Lembata juga menyampaikan kepada pelajar kalau hendak ke sekolah sebaiknya diantar atau dijemput oleh orang tuanya, dan saat menggunakan sepeda motor agar memakai helem SNI untuk melindungi dari benturan.

Dirinya juga menyinggung tentang kecelakaan yang sering terjadi pada saat pesta atau perayaan tahunan yang mengakibatkan korban jiwa. Salah satu penyebab utamanya adalah minuman keras. Oleh karena itu, Ia berharap para siswa dapat menjauhi minum-minuman keras dan nongkrong di pinggir-pinggir jalan karena akan memberikan dampak buruk bagi masa depan mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Dengan sosialisasi ini diharapkan mereka dapat memahami cara berlalu lintas dan paham aturan berlalu lintas yang baik dan benar.

“Tujuan utama adalah pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Para pelajar juga diharapkan bisa menyampaikan pentingnya berlalu lintas yang tertib kepada orang-orang terdekat dilingkungannya,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Ia memberikan apresiasi kepada para siswa yang bertugas dalam apel pagi ini.

“ Terus berlatih dan ketika kembali dipercaya dapat memberikan penampilan yang lebih baik sekaligus memberikan masukan terkait para petugas dalam proses pelaksaanaan upacara bendera.” Ujarnya.


 (Elreal/ Humas Spensa)

1 Komentar

  1. Luar biasa. Semoga para murid bisa tertib dalam berlalu lintas.

    BalasHapus