Musyawarah Gugus Depan 06-009/ 06.010 Pangkalan SMP Negeri 1 Nubatukan, " Kita Bisa Bersama,Bersama Kita Bisa"

Pada hari Sabtu, 03 Agustus 2024 digelar musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Nubatukan dibawah pimpinan Dra. Maria Yustina Luku. Acara dimulai pukul 11.00 untuk Upacara Pembukaan  diawali dengan  menyanyikan  Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh  Beatrich Deram Wutun,S.Pd. dan sebagai pembawa acara adalah Mariana Novriani Mirong, S.Pd.

Tujuan diadkannya Musyawarah Gugus Depan SMP Negeri 1 Nubatukan ini adalah membuat visi dan misi, Rencana Kerja Gudep dan memilih ketua Gugus Depan masa bakti 2024-2026. Hal ini disampaikan oleh Maria Wunga Sulaona, S.Pd selaku ketua pelaksana pada laporan pembukaan.

Acara selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Kamabigus Dra. Maria Yustina Luku sekaligus membuka Musyawarah Gugus Depan. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada kakak-kakak Pembina dan perwakilan penggalang yang telah hadir pada acara ini.

Pada awal sambutanya Dra. Maria Yustina Luku menegaskan bahwa Musyawarah yang digelar ini bukan hanya sekedar formalitas, tetapi sebagai wadah untuk berlatih berdemokrasi, menyampaikan pendapat dan menghargai perbedaan. Dalam musyawarah kita belajar untuk mendengar, berbicara, dan mengambil keputusan bersama. Semua hal ini adalah bekal berharga untuk kehidupan kita semua di masa depan.

Pramuka adalah wadah pembinaan generasi muda yang  memiliki peran penting dalam membentuk karakter, mental, dan keterampilan . Oleh  karena itu, saya mengajak kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan ini, serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang diajarkan dalam Pramuka.

” Saya berharap agar kegiatan ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang baik dan bermanfaaat bagi perkembangan gugus depan kita. Saya yakin, dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kita dapat mencapai tujuan yang telah kita tetapkan bersama,” Ujarnya di akhir sambutan.

Acara siding pleno 1 yang dipimpin oleh Yohana Loka Leuweheq, S.Pd antara lain pembacaan dan pengesahaan Susunan Acara  dan Tata Tertib MUGUS 2024, Pembacaan dan pengesahan tata tertib sidan, Laporan pertanggungjawaban Ketua Gugus Depan Masa Bhakti 2019-2021 , Menetapkan Visi, Misi dan Rencana Kerja Gugus Depan Tahun 2024-2026, Pengesahan Visi, Misi dan Rencana Kerja Gugus Depan Tahun 2024-2026, Penyampaian nama-nama calon ketua Gudep oleh ketua presidium dan Pemilihan ketua gudep dan pengurus. Ketua terpilih Gusus Depan SMP Negeri 1 Nubatukan adalah Maria Bernadete Puhugelong, S.Kom yang mengalahkn dua calon lain Gabriel Tobi, SPd dan Maria Edelweys Tuto Ledjap, S.Pd.

Pada sidang pleno II, Penetapan         Ketua  Gugus  Depan  06-009 / 06-010          dipimpin oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus dan selanjutnya acara Pelantikan Ketua Gugus Depan terpilih oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Dra. Maria Yustina Luku.

Masuk pada sidang Pleno III, diberi kesempatak kepada ketua Gudep yang baru untuk memberikan sambutan serta pernyataan sikap untuk mengembangkan Gerakan Pramuka di Gugus Depan SMP Negeri 1 Nubatukan.  

Maria Bernadete Puhugelong, S.Kom, pada kesempata ini mengajak semua unsur di sekolah agar mendukung visi, misi dan program kerja periode 2024 sampai 2026 yang telah ditetapkan dan disahkan. “ Kita bisa bersama, Bersama kita bisa,” ujarnya mengakiri sambutan perdananya.

Kegiatan Musyawarah Gugus Depan SMP Negeri 1 Nubatukan ditutup secara resmi oleh Mabigus, Dra. Maria Yustina Luku.

( Pcf/ Humas Spensa)

0 Komentar