SMP Negeri 1 Nubatukan Gelar Workshop Model Kompetensi guru dan IKM

Lewoleba, 29 Juli 2024- SMP Negeri 1 Nubatukan menggelar workshop bertema Model Kompetensi Guru dan Implemantasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini. Workshop tersebut diikuti oleh guru-guru SMP Negeri 1 Nubatukan yang berjumlah 56 orang dengan menghadirkan empat pembicara dari Guru Penggerak Kabupaten Lembata

Kegiatan workshop tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lembata yang diwakili oleh Kabit GTK, Suhartin Bungalaleng.

Saat membuka kegiatan, Kabid GTK Disdik Kabupaten Lembata berpesan agar apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab guru agar dijalankan dengan baik dan harus sesuai dengan empat kompetensi guru yakni kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar semua guru dapat menjaga kepofesiannya baik di dunia pendidikan juga di tengah masyarakat.

“ Saya berharap agar semua sungu-sungguh mengikuti worksoh ini agar dapat meningkatkan kompetensi sebagai guru. Saya juga minta supaya Bapa Ibu guru jangan menunjukan prilaku yang tidak baik di tengah masyarakat, “  tegasnya.

Workshop berlangsung selama emat hari penuh, memberikan ruang bagi para pendidik untuk mendiskusikan dan mempraktikan berbagai inovasi kelas dalam manejemen kelas dan metode pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada peserta didik. Melibatkan narasumber berkompoten, kegiatan ini diharapkan dapat memberi wawasan kepada para guru dalam menghadapi dinamika pembelajaran yang terus berkembang.

Kepala SMP Negeri 1 Nubatukan, Dra. Yustina Luku mengungkapkan harapannya terhadap keberhasilan workshop ini. Ia menyebutkan bahwa peningkatan kompetensi guru merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

“ Saya Berharap workshop ini dapat menjadi wahana bagi para guru untuk terus mengembangkan diri, sehingga guru dapatmemberikan yang terbaik bagi peserta didik.  Workshop ini juga dilaksanakan agar guru mampu memahami diri sebagai guru yang professional sesuai harapan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Dengan digelarnya workshop ini, SMP Negeri 1 Nubatukan menunjukkan komitmen mereka terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini.

Kegiatan hari pertama ini, diisi dengan materi Model Kompetensi guru yang dibawakan oleh empat Guru Penggerak, Nawangwulan Cahayaristi, I Gusti Ayu, Maria Jelau Gabur dan Ermelinda Matarau.

(Jimmy Pcf / Humas Spensa)

0 Komentar